• mt-0189-slider1.jpg

Home > Media > News & Event

NEWS & EVENT

Swasta Dukung Program Replanting Sawit Nasional

Date: 18 Oct 17

 

"Dalam program ini, PT Brahma Binabhakti yang berada di Kabupaten Muarojambi, Jambi, menyertakan 334 hektar kebun swadaya milik 106 kepala keluarga petani ikut program peremajaan tanaman sawit," kata George Oetomo, Presiden Direktur PT Brahma Binabhakti di Jambi.

 

Program replanting ini, diharapkan bisa meningkatkan produktifitas tanaman sawit. Angkanya bisa di atas produktivitas rata-rata saat ini yakni 3 ton minyak mentah sawit (Crude Palm Oil/CPO), menjadi 8 ton CPO per hektar.

 

Grup TAP yang beroperasi di sejumlah provinsi di Sumatera dan Kalimantan, mengelola belasan ribu hektar kebun swadaya milik masyarakat yang perlu diremajakan. Di dilingkungan PT BBB terdapat 4.278 hektar kebun plasma milik 1.504 KK yang perlu replanting dalam 5 tahun ke depan.

 

"Dengan inisiatif pemerintah pusat dan dukungan kuat dari pemerintah daerah Jambi program peremajaan atau replanting ini akan meningkatkan pendapatan pekebun swadaya secara signifikan," kata George.

 

PT BBB sebagai mitra pekebun swadaya menjadi salah satu pionir untuk mensukseskan program ini sesuai dengan visi misi perusahaan yg ingin meningkatkan taraf hidup masyarakat.

 

Sementara itu CEO TAP Grup, Arif P Rachmat, menyatakan, perseroan berkomitmen untuk terus meningkatkan produktivitas dan nilai tambah tanaman sawit milik petani swadaya. "Dengan program penanaman kembali menggunakan benih unggul dan bersertifikat, produksi sawit akan mengalami peningkatan nyata, sehingga petani sawit semakin diuntungkan," papar Arif.

 

Produktivitas kelapa sawit di Indonesia untuk saat ini masih tergolong rendah jika dibandingkan potensi yang ada. Produktivitas rata-rata sawit di Indonesia hanya 3,7 ton CPO per hektar per tahun. Di mana, potensi tersebut bisa dikerek hingga mencapai 8 ton CPO per hektar per tahun.

 

Faktor utama rendahnya produktivitas sawit di Indonesia, adalah kondisi kelapa sawit khususnya milik rakyat, banyak yang sudah berumur alias tua. Kendala lainnya, kebun sawit banyak yang rusak serta penggunaan benih yang sembarangan. Oleh karena itu, perlu dilakukan peremajaan tanaman kelapa sawit seluas kurang lebih 2,4 juta hektar.

 

Industri sawit merupakan industri stategis nasional yang menjadi penopang devisa negara sebesar US$16,94 miliar, atau setara Rp227 triliun.

 

Selain itu, industri sawit, menyerap lebih dari 8,2 juta orang. Terdiri dari tenaga kerja sawit rakyat, karyawan perusahaan perkebunan, tenaga kerja supplier, penyedia bahan pangan, penyedia bahan baku energi nabati dan pendorong pengembangan wilayah.

 

Luas perkebunan sawit, saat ini, mencapai 11,91 juta hektar. Dengan produksi 33,22 juta ton. Sedangkan luas perkebunan kelapa sawit rakyat mencapai 4,65 juta hektar dengan produksi 10,86 juta ton.

 

sumber inilah.com

 

Address

Menara Kadin Indonesia Lt. 23

Jl. H.R. Rasuna Said Kav 2 & 3

Jakarta 12950

Indonesia

Contact Us

Telp: +6221 527 4323

Fax: +6221 527 4743

Follow Us